KIM Suara Kranggan Menuju Masyarakat yang Informatif Maju, Sejahtera dan bermoral

Senin, 10 Desember 2018

KAMPUNG TERTIB LALU LINTAS

Inovasi terbaru lagi yang dilakukan oleh masyarakat Kota Mojokerto. Contohnya di Miji Baru III Kelurahan Miji Kecamatan Magersari Kota Mojokerto. Di kawasan ini telah diciptakan sebagai kampung tertib lalu lintas. Masyarakat dan para tokoh disini memang mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap kemajuan Kota Mojokerto. Setelah sebelumnya berhasil menciptakan kampung berseri dengan pengolahan sampahnya kini area sekitar menjadi kawasan yang tertib lalu lintas.
Totok ketua RW. 02 menuturkan ide dibentuknya kampung tertib lalu lintas ini, karena melihat kondisi jalan di perkampungan seringkalai terjadi hambatan saat papasan kendaraan dari arah yang berlawanan. Sehingga berdasarkan hasil musyawarah warga jalan gang tersebut dibuat jalur satu arah.
Peraturan ini berlaku bagi siapapun yang melintas di jalan tersebut termasuk warga setempat harus tunduk dengan peraturan lalu lintas yang dibuatnya. Tidak terkecuali dari pihak kepolisian yang memasuki kawasan tersebut juga wajib taat dengan rambu-rambu yang dipasangnya. “ warga juga sering menemui pak polisi yang disuruh kembali karena melawan arus” kata Totok.
Setelah berselang beberapa waktu kemudian tiba-tiba pihak Polres Mojokerto Kota menghubungi ketua RW untuk menunjuk Miji Baru III sebagai kampung tertib lalu lintas. Gayung bersambut dan akhirnya masyarakat terus bergerak atas pembinaan dari berbagai pihak. Dinas Perhubungan Kota Mojokerto yang sudah membantu rambu-rambu lalu lintas, Dinas PUPR yang membantu membuat marka jalan dan pihak kepolisian sendiri terkait teknis dan pendidikan berlalu lintas.
Untuk aktualisasi kegiatan ini, ketua RW beserta warga setempat dan Lurah Miji membentuk Pokja Penegak Disiplin lalu lintas dengan ketua Bambang Priambodo. Koordinasi dengan OPD terkait terus dilakukan dan akhirnya dilaunching oleh Polres Mojokerto Kota, Miji baru III sebagai kampung terti lalu lintas. Kedepan Totok berencana akan mengembangkan kawasan ini dengan memanfaatkan lahan kosong disekitar. “saya ingin mencari lahan kosong untuk dijadikan sebagai taman lalu lintas, dilengkapi dengan rambu-rambu untuk media pembelajaran”, harap Totok. Saat ini lanjut Totok, Miji baru III mulai ramai dikunjungi berbagai pihak, utamanya dari kalangan anak-anak sekolah untuk belajar ilmu tertib lalu lintas. Sabtu 8 Desember kemarin, TK Muslimat NU 02 Nurul Huda Miji mengunjungi kampung ini untuk mempelajari rambu-rambu lalu lintas dan sekaligus melihat langsung prakteknya.
Untuk ini juga didampingi oleh Matheus Jaka Kanit Dikyasa beserta 2 (dua) orang Polwan dari satuan lantas Polres Mojokerto yang setia mendidik mereka. Setelah menerima pelajaran lalu lintas, anak-anak naik sepur kelinci keliling kampung dan juga diberi kesempatan untuk melukis kawasan sekitar.
Sunanto,SH,MM Lurah Miji merasa bangga karena melihat warga yang memiliki gagasan cemerlang memiliki inovasi-inovasi yang mungkin belum dilakukan oleh daerah lain. Kedepan pihaknya berharap, agar kampun lalu lintas ini dapat dijadikan wisata edukasi tertib lalu lintas. Turut serta menyambut kunjungan ini Forum Kota Mojokerto Sehat, FKKS dan Pokja Kelurahan Miji Sehat. (ri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar