KIM Suara Kranggan Menuju Masyarakat yang Informatif Maju, Sejahtera dan bermoral

Jumat, 04 Maret 2016

Aneka Barang yang Wajib Dibawa untuk Menonton Gerhana Matahari


Ternate - Tinggal 2 minggu lagi kita bisa melihat fenomena gerhana matahari di beberapa tempat di Indonesia. Sst, jangan lupa bawa barang-barang wajib ini ya!

Gerhana Matahari Total (GMT) akan berlangsung pada 9 Maret 2016 di beberapa kota di Indonesia. Beberapa daerahnya antara lain Poso, Ternate, Balikpapan, dan Palembang. Nah, agar liburan saat GMT makin maksimal, pastikan untuk membawa barang-barang yang sesuai.Disusun detikTravel, Kamis (25/2/2016) inilah barang yang wajib dibawa untuk menonton gerhana matahari:

1. Kacamata matahari

Diperlukan menggunakan kacamata khusus pelindung matahari saat ingin melihat gerhana matahari langsung. Karena jika tidak, bisa langsung merusak mata.

Bukan sekadar kacamata hitam biasa, namun harus yang memiliki lapisan tertentu. Kacamata pelindung matahari untuk menonton gerhana harus memiliki filter sinar ultraviolet dan infrared yang sesuai. Juga, harus mengandung lapisan tipis alumunium, chromium, atau perak.

Kacamata pelindung matahari bisa dibeli di banyak situs belanja online. Namun pastikan untuk membeli yang memiliki lapisan yang tepat ya!

2. Kamera

Karena momen ini terjadi beratus-ratus tahun sekali, ada baiknya mengabadikannya dalam foto. Jadi, kamera merupakan satu barang yang wajib dibawa.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan foto yang maksimal. Pertama, menggunakan tripod atau penyangga kamera. Karena hasilnya bisa lebih bagus jika tanpa getaran.

Satu lagi, tak perlu pakai flash ya! Meski gelap, namun jarak bumi dan matahari terlalu jauh. Jadi takkan ada gunanya jika menggunakan flash.

Bagi yang menggunakan kamera ponsel, jangan terlalu fokus dengan mataharinya saja. Karena pixel kamera ponsel mungkin tak setajam kamera tele. Maka dari itu, masukkan latar seperti kota ata gedung di dalam frame. Sehingga hasilnya lebih beragam dan indah.

3. Sunblock

Ini sangat penting bagi traveler yang ingin melihat momen GMT di Indonesia Timur. Meski dimulai dari pukul 09.00 pagi, namun cuaca di sana lebih panas dibanding di Indonesia Barat.

Ditambah lagi, tentu kamu takkan langsung pulang setelah melihat gerhana matahari kan. Karena begitu banyak acara yang diadakan di destinasi-destinasi yang mengalami GMT.

Sudah pasti kamu akan berada di luar ruangan selama seharian. Dari pada kulit terbakar tanpa disadari, ada baiknya menggunakan sunblock dan jangan lupa mengaplikasikannya kembali setiap beberapa jam.

4. Air minum

Penting sekali membawa air minum selama berburu GMT. Karena begitu asyik dengan momen tersebut, pasti tak terbayang harus kebingungan mencari toko untuk membeli air minum saat tiba-tiba haus.

Jika membawanya sendiri, kamu bisa dengan mudah mengambilnya dari tas. Sehingga waktu yang terbuang hanya sedikit. Lagipula, tubuh pasti butuh cairan karena akan beraktifitas seharian.

5. Topi

Yang terakhir adalah membawa topi. Dengan asumsi kamu akan menghabiskan waktu seharian di luar ruangan untuk mengikuti acara-acara seru setelah GMT, topi pun jadi barang wajib.

Cuaca yang panas bisa membuat kepala pusing. Salah satu alat pelindung paling sederhana adalah topi.

Tinggal sematkan di kepala dan kamu pun lebih nyaman keliling-keliling area acara. Asyik kan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar