KIM Suara Kranggan Menuju Masyarakat yang Informatif Maju, Sejahtera dan bermoral

Selasa, 22 Desember 2015

Gereja dan Markas Aparat di Mojokerto Jadi Sasaran Teror Bom


Ada empat terduga teroris yang berhasil diamankan dalam waktu yang hampir bersamaan, Sabtu malam (19/12), tiga ditangkap di Mojokerto dan satu lagi digerebek di wilayah Gresik. Yang tak kalah mengejutkan, mereka aliran Jamaah Islamiyah (JI) dan tergabung dalam jaringan teroris Alqaedah. “Orang yang ditangkap itu berposisi penting,” kata Kapolres Mojokerto, AKBP Budhi Herdi Susianto saat turut serta dalam penggeledahan rumah salah satu terduga teroris di Dusun Sambiroto, desa Mlate, Kecamatan puri, kabupaten Mojokerto, Minggu (20/12).

Ketiga anggota jaringan Alqaedah itu sudah tinggal beberapa bulan di Mojokerto selama beberapa bulan. Mereka mengontrak sebuah rumah dan berkedok sebagai panti pijat. Mereka, Bravo, als. Moch. Choirul Anam, als. Amin asal Semarang, Jawa tengah (bos pabrik Senjatan Klaten) tinggal di Ds. Trowulan Kec. Trowulan. Teguh alias Basuki asal Magelang, Jawa Tengah tinggal di Mlaten Dsn. Sambiroto RT.03 RW. 04 Kec Puri Kab. Mojokerto. Dan Indraji Idam Wijaya alias Imran (tukang pijat) asal Banyumas Jawa Tengah, tinggal di jln. Empunala, Kota Mojokerto.

Sejak penggerebekan itu, aparat menemukan sejumlah barang bukti yang terindikasi sebagai alat pembuatan bom, diantaranya alat pemecah besi, cairan kimia dan buku-buku jihat. Kata kapolres, mereka sangat ahli dalam membuat senjata dan merumuskan strategi dengan cara belajar dari kejadian-kejadian yang telah lalu, seperti terror bom di Paris, Perancis beberapa waktu lalu.

Barang bukti yang ditemukan itu berupa rangkaian-rangkaian, yang disatukan dari sati tempat kejadian perkara (TKP) yang satu dengan yang lain. “jadi untuk mengelabuhi aparat, mereka memisah dari satu bahan dengan bahan lainnya. Beruntung rencana mereka sudah berhasil terbongkar,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut kapolres, tim Densus 88 bersama gegana juga menemukan beberapa email yang mereka miliki serta alat komunikasi yang sudah lama dipelajari oleh tim cara berkomunikasi mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar