KIM Suara Kranggan Menuju Masyarakat yang Informatif Maju, Sejahtera dan bermoral

Selasa, 19 Juni 2012

Walikota Canangkan Bulan Bakti Gotong Royong
Jumat, 04 Mei 2012 - 00:00


Puncak peringatan bulan bhakti gotong royong masyarakat ke-9 dan hari kesatuan gerak PKK ke – 40 diperingati Pemkot mojokerto di Lapangan Asrama Korem 082/CPYJ Mojokerto, Jum’at (4/5). 
Dalam upacara yang dipimpin oleh Walikota Mojokerto Ir. H. Abdul Gani Soehartono, MM ini, Walikota mengatakan kegiatan gotong royong di masyarakat, akhir-akhir ini memang dirasakan agak kendor semangatnya. “Untuk itu, upaya–upaya dalam menggerakkan semangat ke gotong-royongan dari masyarakat, perlu terus ditingkatkan,” katanya. 
Keberhasilan pelaksanaan program pembangunan dan perbaikan perekonomian masyarakat, kata Walikota, adalah tanggung jawab bersama yang tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah saja, namun membutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat. “Untuk itu saya mengharapkan bantuan dari para tokoh masyarakat, baik dari unsur LPM, PKK, RT, RW, maupun karang taruna, untuk dapat menjadi motor penggerak gotong royong di masyarakat serta dapat memfasilitasi kegiatan gotong royong di masing–masing kelurahan.
Walikota mencontohkan, dalam upaya pengentasan kemiskinan dengan memanfaatkan sumber dana pembangunan dari pemerintah kota, seperti program penanggulangan kemiskinan, program pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah (P2MPD) dan program pembangunan sarana prasarana dan lainnya, sebagai pendorong untuk memotivasi keswadayaan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. “Kepada SKPD yang memiliki program di kelurahan, dihimbau agar melaksanakan kegiatan secara konkret, serta melakukan monitoring evaluasi dan mengupayakan pengembangan serta kesinambungan program,” paparnya.
Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Hari Moerti mengatakan tujuan kegiatan gerakan bulan bhakti gotong royong ini, untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan, menuju kepada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan. 
Tema peringatan bulan bhakti gotong royong tahun tahun ini adalah "Melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Hari Kesatuan Gerak PKK, dan Hari Keluarga, Kita Tingkatkan Semangat Persatuan dan Kesatuan serta Partisipasi Masyarakat Menuju Kemandirian Bangsa". Makna pentingnya adalah untuk meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan guna meningkatkan integrasi sosial masyarakat yang saat ini semakin menurun.
Pencanangan bulan bhakti gotong royong ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Walikota. Selanjutnya, Walikota menyerahkan bantuan dan penghargaan kepada pemenang lomba, dengan leading sector BPM antara lain bantuan berupa komputer bagi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di 8 Kelurahan, dan penyerahan penghargaan pemenang lomba Kelurahan dengan juara 1 yang diraih oleh Kelurahan Balongsari. Sedangkan dari Dinas Sosial, penyerahan juara lomba Karang Taruna, dan lomba Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) tingkat kota.
Sementara itu, Dinas Kesehatan dan TP PKK juga memberikan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi penderita TBC di kota Mojokerto, dan pos pembinaan terpadu bagi para lansia yang mempunyai masalah kesehatan. (Rr - Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar