KIM Suara Kranggan Menuju Masyarakat yang Informatif Maju, Sejahtera dan bermoral

Selasa, 19 Juni 2012

Pembinaan Kader Motivator di Kelurahan Kranggan
Kamis, 31 Mei 2012 - 08:45


Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting dari pembangunan nasional. Tujuan diselenggarakannya pembinaan kader motivator kesehatan ini adalah adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Karena kesehatan bukanlah tanggung jawab pemerintah saja, namun merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat umum

Dalam pertemuan pembinaan kader motivator ( 31/05 ) dititik beratkan pada masalah DBD dan gizi ini diselenggarakan di kelurahan kranggan yang difasilitasi petugas  puskesmas blooto ini dihadiri oleh kepala Puskesmas Blooto, dr. Farida Mariana dan beberapa stafnya.

Menurut dr. Farida Mariana Keikutsertaan masyarakat dalam meningkatkan efisiensi pelayanan kesehatan terutama dalam upaya penyelenggaraan kesehatan adalah dengan adanya pelaksanaan Posyandu. Kader merupakan salah satu perwujudan dari peran serta aktif masyarakat tersebut. “warga diminta waspada dan terus menerapkan perilaku hidup bersih dan
sehat, baik di rumahnya maupun di lingkungan sekitarnya. “Jika lingkungan dalam rumah dan diluar rumah bersih, nyamuk pembawa virus mematikan itu tidak bias berkembag biak, PSN sangat diperlukan”. jelas dr. Farida di hadapan kader motivator pada kegiatan pembinaan kader motivator ( 31/05 ).

Ditegaskan pula oleh Ida Maretha Delianingsih, Amd.kl, staf Promosi Kesehatan PKM Blooto bahwa Penyebab utama peny`kit demam berdarah adalah virus dengue, yang merupakan virus dari famili Flaviviridae.
Virus dengue dapat masuk ke tubuh manusia melalui gigitan vektor
pembawanya, yaitu nyamuk dari genus Aedes seperti Aedes aegypti betina dan Aedes albopictus.  Aedes aegypti adalah vektor yang paling banyak ditemukan menyebabkan penyakit ini. Nyamuk dapat membawa virus dengue setelah menghisap darah orang yang telah terinfeksi virus tersebut.
Sesudah masa inkubasi virus di dalam nyamuk selama 8-10 hari, nyamuk yang terinfeksi dapat mentransmisikan virus dengue tersebut ke manusia sehat yang digigitnya. Nyamuk betina juga dapat menyebarkan virus dengue yang dibawanya ke keturunannya melalui telur (transovarial).
Populasi nyamuk betina lebih banyak daripada nyamuk jantan dikarenakan nyamuk jantan akan mati setelah  membuahi nyamuk betina. Nyamuk betina memerlukan darah untuk mematangkan telurnya karena darah mengandung banyak protein.
“Tempat yang gelap, lembab, tidak terkena sinar matahari langsung adalah tempat yang paling disukai nyamuk. Baju yang setengah kotor yang akan dipakai lagi juga menjadi kesukaan nyamuk ini untuk tinggal menetap. Maka dihimbau kepada kader dalam pelaksanaan PSN tidak hanya memeriksa kamar mandi melainkan juga memeriksa kamar tidur”. Tegas Ida Maretha.

Saat ditemui, dr. Farida Mariana mengatakan pembinaan kader motivator di lingkungan kelurahan Kranggan ini adalah  untuk menghimbau masyarakat untuk hidup dan bersih, masih kata Farida, kader motivator kesehatan dalam  melaksanakan PSN tidak hanya peninjauan kamar mandi melainkan peninjauan kamar tidur warga. Para kader motivator kesehatan diharapkan mampu menerapkan ilmu yang telah diberikan saat latihan di maayarakat

Keberhasilan pembangunan kesehatan tidak terlepas dari partisipasi
aktif masyarakat. Salah satu peran aktif masyarakat dalam penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat yang diwujudkan melalui berbagai upaya yang dimana dimulai dari diri sendiri, keluarga sampai dengan upaya kesehatan yang bersumber masyarakat.( Rk – dishub )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar