KIM Suara Kranggan Menuju Masyarakat yang Informatif Maju, Sejahtera dan bermoral

Selasa, 19 Juni 2012

PELATIHAN PEMBUATAN COMPOSTER
Kamis, 10 Mei 2012 - 00:00

Pelatihan pembuatan komposter diadakan pada hari Kamis tanggal 10 Mei 2012 di Aula Kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Mojokerto yang diikuti oleh 120 orang peserta dari Kelurahan Pulorejo dan Kelurahan Wates Kota Mojokerto. Para peserta kali ini adalah merupakan Rukun Warga (RW) binaan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Mojokerto.

Hadir sebagai pemateri adalah Drs. H. Satrijo Wiweko, MT. yang merupakan Direktur LSM “Sahabat Lingkungan”. Adapun kegiatan ini adalah merupakan salah satu program kerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Mojokerto dalam meningkatkan peran serta masyarakat untuk turut serta dalam menjaga dan melesatrikan kebersihan dan keindahan Kota Mojokerto.


Dalam sambutan pembukaan pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Mojokerto Drs. R. HAPPY DWI PRASTIAWAN, M.Si. menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan tersebut selain untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan persampahan di Kota Mojokerto juga memberikan manfaat :
1. Berkurangnya sampah yang akan masuk ke Depo/TPS dan TPA Randegan karena telah terlebih dahulu dipilah pada tingkat RW ;
2. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dalam pembuatan komposter ;
3. Meningkatkan ekonomi warga karena sampah hasil dari pembuatan komposter tersebut disamping dapat dimanfaatkan oleh lingkungan sendiri untuk pupuk juga dapat dipasarkan guna menambah penghasilan ;
4. Meningkatkan kebersihan dan keindahan Kota dengan pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan.

Kedepan, Bapak Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Mojokerto bermaksud untuk lebih mendayagunakan pengelolaan sampah dengan membentuk kelompok-kelompok masyarakat sebagai Bank-Bank Sampah dan memproyeksikan program jangka panjang untuk membuat Biogas dari pengelolaan gas yang dihasilkan dari sampah di TPA Randegan.

Sebaik apapun program Pemerintah Kota Mojokerto dalam pengelolaan sampah yang lebih berwawasan lingkungan, tanpa peran aktif dari warga masyarakat Kota Mojokerto maka program tersebut tidak akan dapat berjalan maksimal. Mari kita semua, Pemerintah Kota Mojokerto dan masyarakat Jota Mojokerto bahu membahu menciptakan lingkungan Kota Mojokerto yang lebih Bersih, Sehat, Rapi dan Indah (BERSERI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar