KIM Suara Kranggan Menuju Masyarakat yang Informatif Maju, Sejahtera dan bermoral

Kamis, 04 April 2013

Gerakan Program Kampung Hijau Organik kelurahan Kranggan

Lions Club Surabaya Launching Gerakan Program Kampung Hijau Organik

Lions Club Surabaya kerjabareng dengan Lembaga Sosial Kresna atau Rumah Kresna, serta didukung PT. Holcim Indonesia, Radar Mojokerto dan Karang Taruna Kota Mojokerto melaunching gerakan Program Kampung Hijau Organik (KHO), di Green House Satu, Kelurahan Magersari Jl KH Mansur 18, Sabtu (9/3/20013).
“Kota Mojokerto sebagai kota penyangga ekonomi dan satelit dari Kota Surabaya memiliki potensi untuk berkembang lebih mantap dan mempersiapkan diri menjadi kota yang memiliki “spirit of metropolis”,” ungkap Presiden Lions Club Surabaya, Silvia Zulaika, kepada wartawan, di sela-sela acara.



Lebih jauh Silvia mengatakan pertumbuhan dan perkembangan pembangunan di sekitar Kota Mojokerto seperti pembangunan tol Sumo (Surabaya-Mojokerto) dan rencana pembangunan kawasan industri Jombang dimana masyarakat Kota Mojokerto perlu mempersiapkan menyambut semua perkembangan ke depan.
“Program Kampung Hijau Organik (KHO) merupakan salah satu program komprehensif dari Rumah Kresna yaitu PAUD dan Rumah Pintar atau RuPin,” tukasnya.
Kegiatan KHO meliputi edukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. “Di dalam program ini akan dilakukan pendampingan masyarakat di seluruh kelurahan di Kota Mojokerto oleh 38 pendamping dari unsur Karang Taruna Kota Mojokerto dan eksponen penggiat lingkungan lainnya,” ujarnya.
Bersama dengan pendamping dari Rumah Kresna, masyarakat akan diajak untuk berpola hidup bersih, mengorganisasi sampah yang bisa didaur ulang dan masih bisa memiliki nilai ekonomis untuk menambah pendapatan keluarga. Juga akan didampingi untuk melakukan budidaya tanaman organik sayur daun, bekerjasama dengan Komunitas Organik Brenjonk dari Trawas, Kabupaten Mojokerto.
Program komprehensif KHO, PAUD dan RuPin telah memasuki tahapan sosialisasi dan telah memilih pemantapan demplot Green House di 4 tempat, yakni Kelurahan Pulorejo, Kelurahan Sentanan, Kelurahan Kranggan dan Kelurahan Magersari.
Tampak hadir pada acara tersebut, Presiden Direktur PT. Holcim Indonesia, Eamon Ginley, serta Wakil Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus, serta Pembina Rumah Kresna, Firtian Judiswandarta.
Dalam kesempatan ini, Wakil Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus, memukul gong tanda dilaunchingnya program KHO, serta panen awal hasil penanaman sayur mayur organik di 4 demplot green house. Kemudian juga dilaksanakan pengobatan gratis bagi kaum duafa, khitanan massal gratis, pembagian kacamata baca gratis, bazaar produk-produk lokal Kota Mojokerto serta telling story untuk anak-anak tentang lingkungan dan flora fauna. (Toro)


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar