KIM Suara Kranggan Menuju Masyarakat yang Informatif Maju, Sejahtera dan bermoral

Rabu, 04 Maret 2015

PSN INTEGRASI DI KELURAHAN KRANGGAN



“Masih ada rumah kumuh, lansia terlantar dan positif jentik”


Add caption

            Sejak diterapkannya PSN terintegrasi dengan program lain,kasus-kasus yang masih tertingal dimasyarakat dapat terungkap.  Sepertinya strategi integrasi ini lebih efektif jika dibanding dengan sebelumnya.  Dari Kelurahan satu ke Kelurahan lain kasus yang terjadi sangat bervariatif. Dengan ditemukannya permasalahan-permasalahan tersebut setidaknya sedikit demi sedikit permasalahan yang muncul dapat teratasi.  Saat PSN di RW.I  Lingkungan Kranggan Kelurahan Kranggan Kecamatan Prajuritkulon jumat,21/2/2015.  Dari hasil pantauan kerumah warga oleh masing-masing tim menemukan bebagai permasalahan dianatarnya adalah warung yang sangat kumuh, tidak terawatt, kotor dan campur dengan tempat tinggal.  Bertemu juga lansia sebatangkara “Wakik” yang berada di Lingkungan Suratan Gg. VI.  Sedangkan hasil pemantauan jentik dari 41  rumah yang dikunjungi 36 rumah atau 87,8 % diantaranya positif ada jentiknya.
            Setelah mengetahui adanya kasus-kasus tersebut, Dra.  Cristy Indah Wahyu, Apt, M.Si Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto memberikan evaluasi.skaligus memberikan motivasi kepada masyarakat terutama para kader motivator kesehatan agar lebih getol lagi dalam melakukan pemantauan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.  Untuk jentik tidak perlu menggu ada kunjungan seperti ini.  Demikian juga bagi warga sendiri hendaknya senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Hasil pantauan kali ini angka jentik positif masih tinggi. Angka 87,8 % itu seharusnya tidak terjadi karaean kita sudah melakukan PSN secara rutin minimal  satu minggu sekali. 
            PSN kali ini tidak  dihadiri oleh Walikota, wawali dan juga sekdakot. Kebetulan ada agenda yang bersamaan.  Namun masyarakat tampak antusias mengkuti kegiatan PSN ini.  Bertempat di Balai RW, sebagai tempat transit sementara untuk menyampaikan evaluasi.  Pada kesempatan yang sama Drs. Subambihanto, M.Si Asisten Administrasi Pembangunan menyampaikan harapan agar warga Kranggan masih tetap bersemangat untuk menjaga kebersihan di sekitarnya.  Bambi juga melihat para kader yang sudah sepuh masih tetap bersemangat. Untuk menekan angka jentik positif maka para kader ini harus lebih serius lagi, kalau biasanya jentik satu kali coba ditambah satu kali lagi agar bisa menekan angka jentik yang positif ini. (ri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar