KIM Suara Kranggan Menuju Masyarakat yang Informatif Maju, Sejahtera dan bermoral

Rabu, 15 Maret 2017

KIM SUARA KRANGGAN DALAM PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH

Dalam rangka mengurangi produksi sampah, serta untuk mendukung pengelolaan sampah berbasis masyarakat, Kantor Lingkungan Hidup Kota Mojokerto menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Sampah yang dilaksanakan dua tahap, yakni pada tanggal 24-26 Februari 2016 dan 8-10 Maret 2016 bertempat Jalan Benteng Pancasila No. 21B Mojokerto Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat tentang pentingnya mengelola sampah. Selain dapat mengurangi produksi sampah, kegiatan ini juga menambah penghasilan masyarakat karena produk yang dikelola dapat bernilai ekonomi. Adapun peserta dalam pelatihan pengelolaan sampah ini berasal dari perwakilan warga masyarakat yang ada di Kota Mojokerto serta pengurus Bank Sampah Induk yang baru terbentuk beberapa waktu lalu.
Kegiatan ini dilaksanakan masing-masing selama 3 (tiga) hari, dimana pada hari pertama lebih difokuskan pada pemberian materi tentang pentingnya memilah dan memilih sampah sehingga dapat dijadikan benda yang lebih bermanfaat. Pada hari kedua, peserta diajak terjun langsung dengan cara praktik dalam pembuatan hasil karya yang berasal dari sampah. Sedangkan pada hari ketiga, diadakan kunjungan ke lokasi dimana proses pemilahan, pemilihan dan pemanfaatan sampah sudah dilaksanakan secara efektif.
Dari kegiatan ini diharapkan peserta memiliki tanggung jawab untuk mengajak warga sekitarnya untuk bisa menjaga kualitas lingkungan hidup di sekitar rumah masing-masing terutama masalah kebersihan dan daur ulang sampah. Para peserta juga mempunyai kewajiban untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pengolahan sampahnya kepada yang membutuhkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar