KIM Suara Kranggan Menuju Masyarakat yang Informatif Maju, Sejahtera dan bermoral

Sabtu, 11 Februari 2012

WHORKSHOP KIM BERBASIS IT


Usai pelaksanaan grand final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK ) yang berlangsung di lapangan Wiramandala  Kabupaten Tulungagung.  Peserta Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari beragai daerah di Jawa Timur mengikui whorksop di Gedung Praja Mukti Kabupaten Tulungagung. Whorksop yang berbasis Teknologi Informasi (IT) membahas Transformasi dan Peranan IT dalam transformasi UKM menuju e-UKM. Diskusi menarik itu mengaji bagaimana UKM tradisional menjadi e-UKM berkembang ke internasional hanya dengan menggunakan IT. Dalam shorksop kali ini menghadirkan narasumber Lukas Wahyu Utomo S.Kom. Kata Lukas, melalui teknologi informasi tepat guna UKM/ home industri di Indonesia sangat memungkinkan untuk mentransformasikan dirinya sebagai koorporasi bahkan meningkat menjadi koorporasi kelas dunia. Caranya sangat mudah yakni dengan direct go online
Menurut ketua paniia penyelenggara, Miswan Hadi  jaman sudah berubah maka informasipun harus berubah. Informasi saat ini terbuka dan sangat cepat. Dengan teknologi informasi KIM dapat memenuhi taget informasi. Tentang dampak informasi cangih yang sering terjadi saat ini jangan diambil dari sisi jeleknya tetapi harus diambil dari manfaatnya terutama KIM  sebagai ujung tombak dalam teknologinya. Dalam whorshop kali ini tidak hanya disuguhnya teori tetapi dalam bentuk praktek, khususnya dalam pembuatan blogerspot sendiri dan harus berpengalaman secara praktis untuk dilaksanakan di daerah terutama memasarkan produk unggulan di daerah.
         Whorksop kali ini dibuka oleh kepala Dinas Kominfo Prpinsi Jawa Timur Drs. Sujono, MM, dalam sambutannya Ia menjelaskan Pekan KIM  kalh ini bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Tuungagung yang 806.  KIM diharapkan bisa berkembang secara internasional dengan melaksanakan IT. Terlebih lagi Jawa Timur memperoleh piala EGO… dalam pecan  KIM kali ini mengangkat UKM yang tradisional menjadi UKM internasional (E-UKM) melalui IT. Dari hasil pengamatan LCCK membuktikan bahwa kemitraan KIM telah memanfaatkan TI dengan baik.(An)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar