KIM Suara Kranggan Menuju Masyarakat yang Informatif Maju, Sejahtera dan bermoral

Jumat, 18 Agustus 2023

Workshop bagi KIM se-Kota Mojokerto

 

Workshop yang berlangsung di Aula Bappedalitbang Jl. Jawa 31 Kelurahan Kranggan Kota Mojokerto ini diikuti perwakilan KIM se-Kota Mojokerto.Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di tingkat Kelurahan idealnya dapat menguasai informasi lokal Kelurahan. Mengingat anggota KIM dibentuk dari oleh dan untuk masyarakat di wilayah Kelurahan tersebut. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Dili Istimora Eyato Pranata Humas Ahli Pertama dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur saat menjadi narasumber dalam agenda workshop bagi KIM se-Kota Mojokerto, selasa 15/8/2023.
Banyak hal yang bisa dilakukan oleh KIM, dalam mengelola informasi yang bersumber dari wilayah Kelurahan. Bahkan KIM pun bisa mandiri untuk menghidupi operasisonal organisasinya. “KIM bisa mandiri, tidak selalu bergantung dengan pemerintah. Ketika KIM sudah dapat kepercayaan dalam membranding suatu produk lokal, maka sangat memungkinkan KIM menjadi media promosi yang endingnya menghasilkan rupiah," lanjutnya. Workshop yang berlangsung di Aula Bappedalitbang Jl. Jawa 31 Kelurahan Kranggan Kota Mojokerto ini diikuti perwakilan KIM se-Kota Mojokerto dan semua KIM sangat aktif dalam berinteraktif dengan narasumber.“ KIM memang bukan wartawan, tetapi KIM dapat berperan sebagai wartawan di wilayah Kelurahan, " tegas Dili dalam menanggapi pertanyaan salah satu peserta.Pada forum ini, Dili menyampaikan materi terkait menulis berita dan penggunaan mediasosial.

Sementara narasumber dari Diskominfo Provinsi Jatim, Pungki Setiawan, menyampaikan materi terkait kim.id , dan juga menjelaskan terkait rencana KIM Festival yang akan berlangsung pada bulan Oktober mendatang. Ia berharap KIM Kota Mojokerto ada keterwakilanuntukmengikutikompetisitersebut.
Secara resmi workshop dibuka oleh Novia Kumala Dewi Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik mewakili Kepala Dinas Kominfo Kota Mojokerto. Dalam arahannya ia menegaskan bahwa, Diskominfo selaku instansi pembina KIM berkomitmen memberikan pendampingan dalam penyiapan lomba. "Kami berkomitmen untuk membantu teman-teman KIM dalam menyiapkan materi yang akan dilombakan," ungkapnya. Workshop, sosialisasi, pelatihan dan bentuk apapun yang diberikan kepada KIM adalah bagian dari komitmen Diskominfo selaku instansi pembina 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar