KIM Suara Kranggan Menuju Masyarakat yang Informatif Maju, Sejahtera dan bermoral

Rabu, 08 Agustus 2018

Program PSN terintegrasi di Kota Mojokerto


Program PSN terintegrasi di Kota Mojokerto selain memburu jentik dan memantau kondisi lingkungan, melalui program ini tim juga bisa menemukan permasalahan yang dihadapi oleh warga sekaligus mencari solusinya.  Hampir setiap jumat dilaporkan oleh kader motivator kesehatan dan tim Pembina dari OPD terjadinya masalah yang dihadapi oleh masyarakat.  Walau pemerinah sudah welcome menerima laporan dan memberikan pelayanan terbaik, namun masih ada saja warga yang belum tersentuh.
Ragam persoalahn yang terjadi mulai dari anak putus sekolah lansia
sebatangkara, tuna netra, penderita strock dan lainnya. Hasil sidak PSN di RW.02 Lingkungan Balongcok Kelurahan Balongsari jumat 27/7/2018, dalam program PSN serentak kali ini tim satu yang dipimpin oleh Kepala Bagian Perekonomian Dra. Sumarmi Astuti didampingi Sekretaris Kelurahan Balongsari beserta Kasi Kesra dan kader setempat menemukan lansia penderita osteoporosis, lansia penderita katarak, ibu paska melahirkan menderita gangguan saluran kencing.
Sedangkan tim dua yang dipimpin oleh dr. Lestari dari Dinas Kesehatan, diikuti Lurah Balomgsari, Kasi Trantib, Ketua RW, Ketua RT dan kader setempat menemukan lansia yang tinggal bersama putrinya yang juga mengalami gangguan mental, kemudian juga ditemukan seorang laki-laki tua penderita strok  tinggal bersama isterinya yang juga penderita gangguan jantung benar-benar memprihatinkan.  Tidak lagi ada seorangpun anak semasa hidupnya. Selain itu tim juga menemukan anak disabilitas yang berusia 12 tahun masih belum bisa berjalan.
Hasil dari kunjungan tersebut dievaluasi oleh Dra.Sumarmi Astuti Perekonomian dan Lurah Balongsari Widodo, SH serta dr. Lestari menyampaikan hasil penemuan tersebut akan segera ditindaklanjuti sesuai dengan OPD masing-masing selaku pemangku kepentingan.  Sumarmi berharap agar para kader lebih pro aktif dalam memberikan layanan terhadap masyarakat. Permasalahan-permasalahn yang dihadapi oleh masyarakat segera dilaporkan kepada Puskesmas atau Kelurahan. Sehingga permasalahn tersebut segera ada penyelesaian dan tidak sampai berakibat vatal.
Selain itu juga dilaporkan dari rumah yang dikunjungi di wilayah RW.02 hanya ada satu rumah yang positif jentik. “ yang positif ya rumah itu-itu saja karena orangnya agak susah kalau diajak bersih-bersih kamar mandi” kata ketua Kader Balongcok.  Selain itu juga ada satu warga yang keberatan jika ada kader yang mau jentik kamar mandinya. Oleh Lurah akan dilakukan pendekatan. (ri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar