KIM Suara Kranggan Menuju Masyarakat yang Informatif Maju, Sejahtera dan bermoral

Kamis, 18 Juli 2013

Waspadai Pot dan Bekas Air di Gelas Mineral

DB Mewabah, Waspadai Pot dan Bekas Air di Gelas Mineral

Saat ini, penyakit demam berdarah (DB) terus mewabah di sejumlah daerah termasuk di Kota Mojokerto. Jangan pernah meremehkan sisa-sisa air menggenang di tempat sekecil apa pun. Warga Kota Mojokerto diminta menyisir hingga pot bunga dan sisa air mineral.

Sebab, jentik nyamuk dan telur nyamuk berkembang di tempat-tempat sepele ini. Ini lantaran tempat tersebut menjadi tempat nyaman bagi sarang nyamuk dan kemudian mengendap.

"Sebaiknya PSN tidak hanya menguras kamar mandi. Tapi awasi pot bunga di rumah-rumah kita. Terutama sisa air di gelas air mineral," ucap Kepala Dinas Kesehatan Christiana Indah Wahyu, saat evaluasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) tiga bulanan di hadapan Wali Kota Abdul Ghani Soehartono dan Wawali Mas'ud Yunus,

Evaluasi khusus itu dilakukan Dinas Kesehatan di Pendopo Balai Kota Mojokerto. Atas makin mewabahnya penyakit mematikan seperti DB, sebaiknya masyarakat tak terlalu cemas minta difogging atau pengasapan.

"Banyak warga kita yang gupuh (takut) minta difogging. Fogging hanya membunuh nyamuk dewasa. Padahal nyamuk ini meninggalkan telur sampai 300 telur. Ini yang bahaya. Tapi fogging memang perlu untuk memenuhi sugesti dan psikologis warga," tambah Indah.

Dilaporkan, hingga Maret ini sejumlah titik telah diketahui terwabah penyakit DB. Gerakan PSN dilakukan dengan cara memeriksa setiap 50 rumah di 18 kelurahan yang ada di Kota Mojokerto. Misalnnya di Magersari, Gedogan, Purwotengah, Jagalan, dan seluruh kelurahan yang lain ada puluhan rumah diketahui positif tempat jentik.

Dinkes menyampaikan untuk Kecamatan Prajurit Kulon saja ada 440 rumah yang diperiksa. Sebanyak 30 positif terdapat jentik di puluhan rumah ini. Dua bocah positif kena DB. Sementara ada 34 suspek DB atau memiliki gejala sepeeti DB. "Jadi ingat 3M, Mengubur Menguras dan Menutup temasuk pot bunga dan bekas gelar air mineral," ..  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar